217 Pantun Cinta Romantis, Sejati, Gombal, Pendek, Rayuan, PDKT, dll

Pantun Cinta. Pantun adalah sebuah tulisan pendek dalam bentuk syair yang bersifat persuasif. Tujuan pantun yang awalnya untuk memberikan nasehat dan sindiran dikembangkan sedemikian rupa sebagai media untuk mengungkapkan berbagai aspek hidup, termasuk cinta.

Inilah beberapa pantun cinta yang disadur dari beberapa sumber seperti postingan di sosial media dan forum komunitas. Silahkan disimak!

Pantun Cinta Gombal

pantun cinta gombal

Pantun Cinta berikut ini adalah pantun yang berisi kata kata gombal dan ungkapan rayuan yang biasanya dipakai oleh kaum muda untuk mengungkapkan kekaguman kepada lawan jenis.

Cinta itu bermula dari mata,
dan terkadang tertulis sampai ke buku.
Kau bagaikan nelayan cinta,
yang selalu menebar benih-benih cinta di hatiku.

Lihat Messi mencetak gol,
tiba-tiba datang seorang tamu.
Aku ingin menjadi borgol,
supaya dapat memborgol cintamu.

Punya istri cuma satu,
dia malah seorang penjual jamu.
Aku ingin ungkapkan sesuatu,
yaitu aku ingin mendapatkan cinta yang tulus darimu.

Hobiku itu menyelam,
ketika menyelam pasti aku mengajak teman minimal satu.
Aku ingin sekali kamu tenggelam,
tenggelam di dalam hatiku.

Orang itu bukanlah hantu,
tapi orang itu adalah tamu.
Aku ingin menjadi kunci pintu,
supaya aku dapat membuka pintu hatimu.

Barang itu adalah barang yang antik,
tadi penjual barang antik tersebut datang kesini bertamu.
Berjuta-juta wanita yang cantik,
tiada wanita cantik selain dirimu.

Laki-laki itu bukan saya,
tetapi itu adalah sahabatku.
Bapak kamu seorang pencuri ya,
soalnya kau telah mencuri hatiku.

Aku itu sulit dalam menghafal,
soalnya aku males baca buku.
Kau bagaikan sebuah kapal,
yang berlabuh di hatiku.

Naruh uang di dalam saku,
sakunya sobek gara-gara kena kuku.
Jangan sampai kau mengkhianatiku,
karena hanya dirimu yang ada di hatiku.

Punya istri cuma satu,
dia malah seorang penjual jamu.
Aku ingin ungkapkan sesuatu,
yaitu aku ingin mendapatkan cinta yang tulus darimu.

Makan ayam lalapannya kemangi,
tetapi jangan lupa bersihin kuku.
Tak ada wanita lain yang aku sayangi,
hanya kamulah wanita yang mengisi hatiku.

Ibu-ibu sukanya ngebatik,
kalau bapak-bapak sukanya rebana.
kau wanita yang paling cantik,
yang dapat membuatku terpana.

Kau seperti sekuter matic,
yang sering dinaiki si Nita.
Bagiku kau wanita cantik,
yang dapat membuat semua laki-laki jatuh cinta.

Udah bikin janji malah lupa,
tapi aku tidak akan lupa dengan cita-cita.
Aku memang tidak bisa memberimu apa-apa,
karena yang bisa ku beri hanya kasih sayang dan cinta.

Kemarin aku habis dilempar batu,
ternyata yang nglembar batu itu ikan hiu.
Sebenarnya aku ingin katakan sesuatu,
yaitu I love you.

Ku ajak pergi ke pantai kau tidak mau,
soalnya aku ingin berdua denganmu.
Saat ini yang perlu kau tau,
ku tak bisa hidup tanpa dirimu.

Ada wanita yang rambutnya sebahu,
ternyata dia seorang penjual jamu.
Hari ini kau harus tahu,
aku tak bisa hidup tanpa cintamu.

Kalau nembak cewek jangan pakai senapan,
berilah dia buah duren.
Aku memang bukan orang yang tampan,
tetapi aku imut-imut dan keren.

Ku ajak pergi ke pantai kau tidak mau,
soalnya aku ingin berdua denganmu.
Saat ini yang perlu kau tau,
ku tak bisa hidup tanpa dirimu.

Buah salak buah duku,
tidak bisa dibuat jamu.
Bila kau belah dadaku,
akan kau temukan tulisan namamu.

Pagi-pagi enaknya makan roti,
karena setelah itu harus pergi menuntut ilmu.
Kamu jangan berkecil hati,
karena hatiku hanya untukmu.

Buat sangkar harus pakai paku,
sebelum buat sangkar enaknya minum jamu.
Tidak ada wanita lain di hatiku,
karena hatiku hanya untukmu.

baca juga: Pantun Lucu

Makanan busuk memang bau,
bila dimakan rasanya pahit seperti jamu.
Sebenarnya ku ingin kau tau,
aku tak bisa hidup tanpa cintamu.

Pantun Cinta Sejati

pantun cinta sejati

Jalan-jalan ke madina,
Mampir ketoko cari cindramata,
Jangan pernah ada dusta,
Jika kamu seorang pecinta,

Buah jeruk ada dimeja,
Ada pisau didalam laci,
Diri ini bukan pujangga,
Tapi ini letupan rindu hati,

Beli telur diwarung jamu,
Disajikan pedagang ramah,
Ngga tau apa yang kau mau,
Tapi kupercaya semua pasti indah,

ada gula ada kopi,
disimpan diatas lemari,
rindu ini menari-nari,
menanti sang pujaan hati,

Beli buku sama ani
Lebih murah beli margarin
Bagiku malam ini
Tak seindah malam kemarin

Jalan-jalan ke samarinda
Tidak lupa bawa bambu
Makin lama makin bahagia
Lihat kamu berkerudung ungu

Meski hanya buah jambu
Tapi ini bisa diramu
Meskipun jarang ketemu
Tapi cintaku hanya untukmu

disini gunung disana gunung,
ditengah-tengah pohon kelapa,
janganlah adik merasa canggung,
hanya karena belum berjumpa,

Dahan randu untuk diramu
Di tambah lempuyang dn tinta
Kupersembahkn rindu ini hnya untukmu
Yang kusayang dan ku cinta

Malam senin malam rabu
Bedua saling bercinta
Sahabat yang kutunggu
Akhirnya datang juga

Malam Senin ada tamu
Masuk rumah pake sepatu
Kalo adek mau jadi Pacarku
Alhamdulillah yah sesuatu

Hati senang diundang pesta
Sahabat lama yang sedang dinanti
Apakah ini artinya cinta
Jika tanpa tulus di hati

Bunga yang malang jaga dirimu
Jangan lah layu sebelum kembang
Pupuklah iman dalam hatimu
Kalau kau layu di buang orang.

Kembang gula di perigi
Untuk aku minum jamu
Kemana pun kamu pergi
Aku slalu rindu kamu

Buat apa panen kelapa
Kalau belum tumbuh tunas
Buat apa membeli vespa
Cicilan kompor saja belum lunas

Kalau mau menanam tebu
Tanamlahdi dekat pohon jambu
Kalau kau cinta padaku
Bilang saja I LOVE U

Aku sedang minum jamu
Minum di bawah pohon jambu
Aku tak mau kehilangan kamu
Karna ku sangat mencintaimu

Pagi pagi udah sarapan
Lauknya ikan teri
Met pagi aku ucapkan
Untukmu kekasih hati

Buah nanas buah nangka
Mati satu karna tak ada airnya
Bagaimana hati tak terluka
Ketika kamu selingkuh denganya

baca juga: Pantun Nasehat

Ke bali bertemu bayu
Sekalian membeli pernak-pernik
Kalau kamu pintar merayu
Rayulah cewe cantik

Jalan-jalan ke pinggir empang
Nemu sendok di pinggir empang
Hati siapa tak bimbang
Saya botak minta dikepang

Pohon selasih tumbuh melata
Tumbuh perdu jauh di sana
Sepasang kasih mabuk bercinta
Siang merindu malam merana

Jalan-jalan ke kota Prancis
Banyak rumah berbaris-baris
Biar mati diujung keris
Asal dapat adinda yang manis…

Ke cikini membeli bubur.
Anak gajah didalam peti.
Malam ini takdapat tidur.
Terbayang wajah kekasih hati.

Walau banyak bunga di taman
Bunga mawar masih dikenang
Walau banyak kupunya teman
Dalam hatiku dinda seorang

Buah salak baru dipetik
Buah dukuh buah delima
Ada banyak wanita cantik
Cuma kamu yg aku cinta

Dinda cantik tinggi semampai
Dada bidang rambut mengurai
Putih melepak lembut gemulai
Kakanda melihat rasa terkulai

Pantun Cinta Romantis

pantun cinta romantis

Menjadi tamu di hari raya
Penganan sura rasanya tawar
Hendak bertemu apakah daya
Hanya suara menjadi penawar

Rumput kuberantas habis rata
Burung serindik mematuk betik
Beribu melintas di depan mata
Hanyalah adik yang paling cantik

Anak itik mulailah terbang
Ambilkan dedak berilah makan
Janganlah adik merasa bimbang
Segala kehendak abang tunaikan

Pokok selasih pokok bayam
Dalam kepuk buah berangan
Seorang kasih seorang sayang
Tidak bertepuk sebelah tangan

Membawa peti dari malaka
Berisi pakaian si anak raja
Kalau hati sudah merasa suka
Semua keadaan indah di mata

Hujan basah habis pun basah
Duduk sendiri tidak mengapa
Sudah lama kita berpisah
Baru kini kita berjumpa

Tinggi-tinggi burung merbuk
Terbang melayang ke tanah rata
Hati teringat mulut menyebut
Wajah terbayang di depan mata

Di celah batu bunga terselit
Lembut debu bunga seroja
Kasih tuan kasih di kulit
Tanam tebu di bibir saja

Pohon selasih tumbuh melata
Tumbuh perdu jauh di sana
Sepasang kasih mabuk bercinta
Siang merindu malam merana

Rumah di kota amatlah bersih
Tempat bermain si orang kaya
Berpantang mata berasa kasih
Jumpa yang lain lupakan saya

buah salak baru dipetik
buah dukuh buah delima
ada banyak wanita cantik
cuma kamu yg aku cinta

buah salak baru dipetik
buah dukuh buah delima
ada banyak wanita cantik
cuma kamu yg aku cinta

Dinda cantik tinggi semampai
Dada bidang rambut mengurai
Putih melepak lembut gemulai
Kakanda melihat rasa terkulai

Beribu-ribu pohon beringin
hanya satu si pohon randu
saat malam terasa dingin
hanya wajahmu yang aku rindu

Walau banyak bunga di taman
Bunga mawar masih dikenang
Walau banyak kupunya teman
Dalam hatiku dinda seorang

Ada budak membuang dedak
Penuh setimba di celah batu
Berdua tidak, bertiga pun tidak
Kekasih hamba hanyalah satu

Anak itik mulailah terbang
Ambilkan dedak berilah makan
Janganlah adik merasa bimbang
Segala kehendak abang tunaikan

Juragan pisau makan buah
Buah kotor kena tinta,
Jangan risau jangan gundah
Karena derita bumbu cinta

Rumah di kota amatlah bersih
Tempat bermain si orang kaya
Berpantang mata berasa kasih
Jumpa yang lain lupakan saya

Beli kain warna nya merah
Dari kediri pake nya batik
Di godain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

Nasi uduk masih anget
Beli nye di pinggir jalan
Yang lagi duduk manis banget
Boleh ga kite kenalan

Beli kain warna nya merah
Dari kediri pake nya batik
Di godain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

Beribu-ribu pohon beringin
hanya satu si pohon randu
saat malam terasa dingin
hanya wajahmu yang aku rindu

Di pinggir kolam makan bubur
Jangan lupa pakai keripik
Dari semalem aye ga bisa tidur
Selalu teringat wajah mu yg cantik

Pohon selasih tumbuh melata
Tumbuh perdu jauh di sana
Sepasang kasih mabuk bercinta
Siang merindu malam merana

Pantun Cinta Lucu

pantun cinta lucu

Tepi pantai main pasir,
Kota Jepara kota ukir.
Sudah lama saya naksir,
Yang ditaksir sukanya mikir.

Kencang lari induk rusa,
Ingin mengejar burung dara.
Walau janda cantik luar biasa,
Ingin kulamar dengan segera.

Beginilah orang jatuh cinta.
Dunia ini terlihat indah.
Walaupun isi dompet kosong semua.
Yang penting bisa bertemua dia.

Jatuh cinta kadang lucu.
Dalam pikiran ingat selalu.
Bukan saudara bukan kawan.
Padahal baru saja kenalan.

Batu bata merah warnanya,
dari tanah dalam rawa.
Katanya cinta harus setia,
Kenapa hatimu malah mendua.

Pergi ke kebun ambil pepaya,
Banyak petani sedang bekerja.
Tolong obati hati saya,
Dengan cinta darimu saja.

Anak kecil main gangsing,
Main gangsing sambil tertawa.
Saya ini lagi pusing,
Pilih satu atau dua.

Anak ikan main di paya,
Banyak berudu tiada induknya.
Tolong katakan pada saya,
Kalau rindu apa obatnya?

Buah duku buah salak,
Jual di pasar banyak yang beli.
Kalau cinta ditolak,
Lebih baik nyebur ke kali.

Makan nangka banyak getah,
Malam malam terang bulan.
Patah hati, hatinya patah,
Berserakan di tepi jalan.

Naik delman dekat pak kusir,
Banyak lubang lambat jalannya.
Pantas saja saya naksir,
Kamu memang cantik orangnya.

Badan sakit pasti meriang,
Minum obat dari cawan.
Saya ini pria penyayang,
Sayang kepada banyak perempuan.

Dari mana tepung kanji,
Tepung kanji asalnya ubi.
kalau sudah mengikat janji,
mesti harus ditepati.

Dangdut bertalu-talu,
Ada minya sudah berbau.
Gendut-gendut dari dulu,
Biar gendut banyak yang mau.

Sakit hati rasanya pedih,
Mending makan rujak kedondong.
Daripada menangis sedih,
Mending kamu saya gendong.

Senja hari duduk anteng,
Sambil minum air sekoteng.
Percuma berwajah ganteng,
Kalau pacarnya juga ganteng.

Buah mangga buah kweni,
Dimakan dengan pisang raja.
Mohon terima cintaku ini,
Kalau tak mau balas, terima saja.

Di atas nampan ada duren,
Duren dari kota Bengkulu.
Aku tampan juga keren,
Pasti kamu mau denganku.

Untuk apa batu permata,
Kalau untuk bermewah-mewah.
Untuk apa bermain cinta,
Kalau belum juga menikah.

Batu gunung berbongkah-bongkah,
Melihat bulan di balik tirai.
Kalau sudah menikah,
Jangan sampai kita bercerai.

Burung perkutut tersambar petir,
Kayu jati untuk diukir.
Jangan takut jangan khawatir,
Aku setia ga suka mungkir.

Pantun Cinta Pendek

pantun cinta pendek

Bunga merekah di tengah kota
Bolehkah aku jatuh cinta

Hewan marmut putih warnanya
Si imut siapa yang punya?

Nemu blacu nemu sabit
Pipinya lucu, pengen nyubit

Wayan golek makan tahu
Biar aku jelek banyak yang mau

Sarapan roti, roti buaya
Yang ada di hati, hibur aku ya!

Beli nampan beli rantang
Kamu tampan sekebun binatang

Mandi sauna dekat alun-alun
Namaku Gina, dipanggilnya culun

Masuk kelambu hatinya sendu
Denger suaramu makin rindu

Batu bata ditutup kain.
Kalau cinta, buruan nikahin

Pohon perdu dekat kina
Aku rindu dengan yang di sana

Ikan tongkol dari juragan
Kamu misscall, aku deg-degan

Ratu diva lagi disuntik
Namaku Deva, dipanggilanya cantik

Jual kedondong di pengkolan
Boleh dong kita kenalan

Panjang pita, seribu lima
Jangankan cinta, mobilmu saja aku terima

Si berintik bagus warnanya
Kamu cantik siapa yang punya?

Satu titik di kertas koran
Neng cantik yuk ke pelaminan

Beli pita di pantai kuta
Aku jatuh cinta, padamu cantik jelita

Kancil makan di perigi
Cintaku takan berbelah bagi

Tebang kayu, ambil bantal
Bukan merayu, bukan gombal

Naik rakit, datang tamu
Lagi sakit… Obatnya cuman kamu

Burung gelatik bagus ekornya
Kamu cantik sejagat raya

Roti busuk dalam penjara
Aw, hatiku tertusuk panah asmara

Minum jamu makan nangka
Lihat kamu langsung suka

Pohon randu di bawah randu
Aku rindu terlalu rindu

Bukan koran, tapi tumbuhan
Ngga usah pacaran, mending nikahan

Duduk anteng makan srikaya
Abang ganteng, lamar aku ya

Bikin atap dari lontar
Kamu menatap, hatiku bergetar

Buah kemumu dimakan ikan
Senyumanmu tak bisa kulupakan

Buah duren buah kendondong
Abang keren, gendong aku dong!

Buah manggis air mendidih
Kamu nangis akupun sedih

Dalam nampan ada kedondong
Hei tampan godain kita dong!

Beli cuka beli permata
Kamu suka, akupun cinta

Pantun Cinta Untuk Nembak Pacar

pantun cinta nembak pacar

Makan bakso dicampur tiwul
Baksonya nggak pakai mie
You are so beautiful
Will you marry me?

Beli buku isinya tebal
Abis itu beli buah duku
Ini serius bukan gombal
Kamu mau nggak jadi pacarku?

Kupu-kupu berwarna biru
Terbang melayang mencari madu
Kalau kamu cinta padaku
Jangan ragu bilang I love you

Kalau mau menanam tebu
Tanamlah di dekat pohon jambu
Sudah lama kamu kutunggu
Hanya ingin bilang I love you…

Itu palu temannya paku
Paku dipukul di atas kayu
Kukatakan ini kepadamu
Bahwa aku cinta kamu

Nyebrang kali nginjak batu
Mau melangkah kepleset kakiku
Abang mau katakan sesuatu
Maukah kamu jadi pacarku?

Diam-diam kumemperhatikanmu
Karena ada sesuatu dalam diriku
Diam-diam kumencintaimu
Karena itu kuingin kau jadi kekasihku

Siang-siang hujan gerimis
Karena deras airnya tergenang
Neng ini sungguh manis
Kalau mau jadi pacar abang

Lihat batik makan manggis
Makan salak dari rumahmu
Aduh engkau adik manis
Izinkan kakak menjadi pacarmu

Di bawah bakau ada itik
Bunga merekah di atas bangku
Wahai engkau gadis cantik
Maukah jadi pacarku?

Jumpa dirimu di sebuah taman
Letaknya di dekat toko buku
Bolehkah aku mengatakan
Izinkan aku jadi pasangan hidupmu

Kuda lumping makannya beling
Kadang kadang makannya paku
Aku ingin bicara penting
Maukah adik terima cintaku?

Ada kambing dikejar sapi
Melompatlah ia ke atas kerbau
Kupersembahkan sekuntum bunga ini
Dan kukatakan aku sayang kau

Ada Bu Susi sedang makan ikan
Makannya banyak perutpun kenyang
Izinkan aku mengatakan
Aku sayang banget padamu seorang

Seekor kucing kecebur di kolam
Gara gara kepleset batu
Tak sanggup lagi aku memendam
Rasa cintaku pada dirimu

Danau toba di dekat medan
Nikmati suasananya dengan naik perahu
Sepenuh hati aku katakan
Kucinta kamu maukah jadi istriku

Ada kambing belajar berenang
Susah payah tak bisa juga
Hari ini orang tuaku datang
Untuk melamar adik tercinta

Ada bupati sedang makan
Di warung tenda warnanya biru
Baru pertama aku rasakan
Kujatuh cinta senyum manismu

Dari masjid terdengar azan
Suaranya memecah malam
Sudah saatnya aku nyatakan
Kucinta kamu teramat dalam

Pulau paling timur itu papua
Di sebelahnya papua nugini
Sudahlah adik terima saja
Rasa cintaku ini sepenuh hati

Pantun Cinta Bahasa Jawa

pantun cinta jawa

Sore-sore numpak Yamaha
Tuku jahe gawe jamu
Setidaknya aku wes berusaha
Masio tidak ternilai nang mripatmu

Lelene mati ditutuk
Gowo mrene tak sujanane
Yen merene ra nate petuk
Ndang merene tak entenane

Putih-putih kembang randu
Kuning abang kembang palase
Ati seddih nang awak kuru
Kelingan adik ayu rupane

Tuku cakwe sampe Jerman
Ambek pacare ning karaoke
Ojok gawe nyaman
Yen akhire bakal ditinggal koe

Sapa weruh mobat-mabite
Wong baita kaisen toya
Sopo weruh bibit kawite
Wong sak dunyo ra ono sing liya

Sawunggaling carito kuno
Sing digawe kayune jati
Yen eling dang sambangono
Ojo gawe gelaning ati

Tonggo sebelah dodolan jamu
Minggu wingi munggah kaji
Yen aku sayang sliramu
Opo aku kudu seloro iki

Mangan gethuk
Gawe lemu
Masio ngantuk
Tunggoni balesan chatmu

Mbah Marijan tuku salak
Tuku selusin di taleni kawat
Masio bapakmu galak
Aku tetep nekat

Sawunggaling iku cerito kuno
Seng digawe kayune kayu jati
Yen iling ndang sambangono
Ojo gawe gelo ning ati

Putih iku kembange randu
Kuning abang kembange palase
Ati sedih lan nang awak kuru
Kelingan adik seng ayu rupane

Onok yuyu keblekan watu
Watune dibelah dadi pitu
Pancen awakmu seng paling ayu
Tambah ayu yen dadi pacarku

Esuk nyuling sore yo nyuling
Sulinge tek e arek Suroboyo
Esuk iling sore yo eling
Tapi seng di eling ra rumongso

Esuk embun madep monyong
Akeh temen banyu segara
Nok isun arep ngomong
Isun demen karo sira

Manuk glatik ning duwur seng, menclok
Sira cantik isun ganteng, cocok

Ana arjuna karo kresna
Mangan salak karo sate baya
Arane gen wong tresna
Bocah blesak ya kaya luna maya

Ono Arjuno ambek Kresna
Mangan salak ambek sate baya
Arane wong wes tresna
Bocah blesak koyo Luna Maya

Pantun Cinta Bahasa Sunda

pantun cinta sunda

Ke cikini membeli dukuh
Wayah gini masih tunduh
Nini-nini nginum jajamu
Hari ini masih kangen surangen sama kamu

aya tempe nuju dibaceum
ngadamel tempe nepi ka lieur
abdi aya hate ka anjeun
naha anjeun ngabalieur

Ada hayam hayam kate,
hayam kate dari cihaur
Sia-sia PDKT,
kaboro direbut ku batur

jalan-jalan ke tegal lega,
beli sayur dan buah markisa
Jadi orang jangan balaga,
dijauhan ku batur baru tau rasa

payun bumi meuni barala
bumi kosong taya nu gaduh na
mikacinta ti baheula
mugi leres aya jodo na

Gunung kelud
gunung batu
Nu teu boga udud
osok memelas bari ngarayu

cau dijero bungkusan
cangkang cau meuni rujit
baheula mah nyaah pisan
ngan ayeuna malik ijid

aya jalma gampang pundung
sikep pundung kudu dipiceun
kaduhung matak kaduhung
kapungkur bogoh ka anjeu

***

Demikianlah kumpulan pantun cinta romantis dan pantun lainnya yang bertema cinta yang bisa dibagikan kali ini. Semoga postingan kali ini bisa menjadi bacaan menarik yang tidak percuma untuk dibaca.